Sekilas Negara Brunei Darussalam


Letak Negara Brunei Darussalam berada di ujung utara Pulau Kalimantan (Borneo), batas wilayahnya dikelilingi Negara Malaysia. Negara ini menggunakan bahasa resmi melayu tetapi sebagian penduduk banyak juga yang menguasai bahasa English dan bahasa cina. Negara Brunei Darussalam dipimpin oleh seorang Raja yang bernama “Kebawah Duli Yang Dipertuan Agung Negara Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izadin Wa’daulah”. Negara ini mempunyai system pemerintahan Monarci Absolut “Dimana kekuasaan penuh ada di tangan Sultan”.

Pemerintahan negeri ini bercorak monarki konstitusional dengan Sultan menjabat sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan merangkap Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan yang dibantu oleh Dewan Penasihat Kesultanan dan beberapa Menteri. Perekonomian Brunei Darussalam yang bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas menjadikan negara ini memiliki pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia. Satuan mata uangnya, Brunei Dolar, memiliki nilai yang sama dengan Dolar Singapura. Tak heran jika Sultan Hassanal Bolkiah juga dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan diperkirakan sekitar 400 trilyun rupiah.
Dari segi sejarah, sebetulnya Brunei pernah berhubungan erat dengan Indonesia. Bahkan Brunei pernah masuk ke dalam wilayah Sriwijaya dan Majapahit. Namun saat Raja Hayam Wuruk mangkat, Brunei membebaskan diri sebagai satu negara yang merdeka. Kedatangan Inggris pernah menjadikan Brunei sebagai negeri di bawah perlindungan Kerajaan Britania Raya di tahun 1888. Setelah perjalanan panjang sejarah negeri ini, akhirnya pada tanggal 4 Januari 1979, Brunei dan Britania Raya menandatangani Perjanjian Kerjasama dan Persahabatan, yang berlanjut pada kemerdekaan sepenuhnya negara Brunei Darussalam pada 1 Januari 1984.


Negara Brunei Darussalam memiliki empat distrik, yaitu: Brunei/Muara tempat ibukota Brunei –Bandar Seri Begawan– berada. Yang kedua adalah Tutong, terdiri dari hutan-hutan dan perkebunan. Lalu Belait, sebuah distrik yang paling modern, tempat industri minyak berada. Terakhir adalah Temburong, tempat yang paling terisolasi di daerah Timur dan terpisah dari seluruh wilayah Brunei. Selain minyak, negara ini sedang membenahi potensi pariwisatanya.

Tempat Wisata di Brunei Darussalam :

1.    Istana Nurul Iman

Istana ini adalah istana terbesar di dunia yang masih dihuni Sultan Hassanal Bolkiah beserta keluarganya.
Konon istana yang berharga sekitar 600 milyar dolar dan memiliki luas sekira 200.000m2 ini memiliki 1.778 kamar, 257 kamar mandi, 5 kolam renang, 110 garasi mobil, 400 hall untuk tamu, 18 lift dan sebuah masjid.
Sayangnya istana ini hanya ‘membuka diri’ saat Hari Raya Idul Fitri, saat rakyat Brunei diberi kesempatan untuk beramah tamah dengan Sultan dan keluarga Sultan.

2.   Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien:

Masjid yang selesai tahun 1958 ini dinamakan Sultan Omar Ali Saiffuddien merupakan salah satu masjid yang cukup dibanggakan di Asia Tenggara. Nama masjid disesuaikan dari nama Sultan Brunei ke-28 yang dikenal sebagai Bapak Modernisasi Brunei.
Arsitektur masjid ini memadukan Arsitektur Mughal dengan gaya Italia. Bangunan ini dirancang oleh biro arsitekur Booty and Edwards Chartered berdasarkan rancangan karya arsitek berkebangsaan Italia Cavaliere Rudolfo Nolli, yang telah lama bekerja di teluk Siam.


Masjid ini dibangun diatas laguna atau kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer, “kampung yang terletak di atas air”. Masjid ini memiliki menara marmer dengan kubah emas, dilengkapi taman yang permai dan air mancur. Taman indah yang mengelilingi masjid melambangkan taman surgawi dalam kepercayaan Islam. Sebuah jembatan membentang di tengah laguna menuju Kampong Ayer di tengah sungai. Sebuah jembatan marmer lainnya menuju ke bangunan yang merupakan replika Perahu Mahligai Kerajaan milik Sultan Bolkiah yang memerintah pada abad ke-16. Bangunan ini dibangun untuk memperingati 1.400 tahun Nuzul Al-Quran, dan dimeriahkan diselesaikan pada tahun 1967 dan digunakan sebagai panggung Musabaqah Tilawatil Quran (lomba pembacaan Al-Quran) di Brunei.


Ciri khas yang paling mengagumkan dari Masjid ini adalah kubahnya yang dilapisi emas murni. Masjid ini menjulang setinggi 52 meter (171 kaki) dan dapat dipandang dari setiap sudut kota Bandar Seri Begawan. Menara masjid merupakan bagian tertinggi dari masjid ini. Masjid ini memadukan secara unik unsur Renaissans arsitektur Italia dengan nuansa yang bernilai Islami. Di dalam menara masjid terdapat lift di mana pengunjung dapat naik ke puncak menara dan menikmati pemandangan panorama kota dari ketinggian.

3.  Gedung Royal Regalia:

Gedung Royal Regalia dibuat pada tahun 1992 untuk memperingati perayaan besar pengangkatan Sultan Hassanal Bolkiah menjadi seorang pemimpin Kesultanan Brunei Darussalam.  Di dalam gedung yang juga sebuah museum ini terdapat berbagai koleksi kerajaan, seperti mahkota dan jubah kerajaan serta pakaian kebesaran yang dipakai saat pemberian gelar bagi Sultan

 

4.    Masjid Jami Asr Hassanil Bolkiah:

Mesjid yang terletak di Kampong Kiulap, Bandar Seri Begawan ini diprakarsai oleh Sultan Hassanal Bolkiah pada tahun 1988 dan resmi dibuka pada tanggal 14 Juli 1994 bertepatan dengan hari ulang tahun Sultan yang ke-48. Pembukaan mesjid tersebut diawali dengan Sholat Maghrib dan Isya secara berjama’ah.

Masjid ini memiliki 29 kubah yang terbuat dari emas murni 24 karat. Bangunan yang terletak di tengah taman yang asri ini mempunyai luas hampir 2 hektare lebih.
Keseluruhan kawasan masjid ini dipagari dengan kisi-kisi besi dengan panjang kira-kira 1.082 km. Terdapat lima pintu masuk ke lokasi ini, di samping dua pintu khusus untuk keluarga kerajaan dan tamu negara. Masjid ini memiliki 4 menara yang masing-masing tingginya 189 kaki. Ada sekitar 297 anak tangga pada setiap menara tersebut. Melalui menara ini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar masjid dan juga pemandangan Bandar Seri Begawan dan Kampong Ayer.

5.   Ulu Temburong Taman Nasional:

Taman nasional ini terletak dalam cadangan Apoi Hutan Batu dan terletak di pertemuan Sungai Temburong dan Belalong. Seluas 50.000 hektar, hanya 100 hektar ditetapkan sebagai daerah kunjungan taman, sehingga taman adalah tempat yang aman bagi flora dan fauna. Tidak ada perambahan manusia atau modern di daerah ini, kecuali untuk pusat penelitian lapangan. Keanekaragaman hayati daerah ini adalah salah satu yang terbaik di dunia.

6.  yayasan mall brunei:

Yayasan Shopping Complex, sebagai salah satu lama Brunei mal di ibukota itu adalah persinggahan yang baik bagi wisatawan

 

7.  Tasek Lama Recreational Park:

Taman Rekreasi Tasek Lama juga merupakan salah satu tengara bahwa kerajaan Brunei terbaik yang ditawarkan. Ia memiliki jejak yang mengarah ke air terjun alami dan danau. Tempat ini sebenarnya sebuah reservoir air yang memasok setengah dari negara dan Anda dapat melihatnya dengan pergi ke puncak bukit.

Tempan Penginapan:

1.  Orchid Garden Bandar Seri Begawan:

sebuah hotel tua besar dengan banyak karakter. Hanya 10 menit dari bandara. Terletak di sudut yang tenang kota dekat komplek olahraga dan perumahan dan jauh dari atraksi turis. Hotel itu sendiri baik, bersih dan staf yang semua perhatian, berbicara bahasa Inggris baik. Ini membuat Anda merasa nyaman. Ukuran kamar cukup besar bagi Anda untuk bergerak dengan semua fasilitas yang disediakan. untuk standard room dg harga IDR 530

 

2.   Orchid Garden Bandar Seri Begawan

Terletak sekitar 2 km dari pusat kota dan jika naik taksi dihargai dg murah atau Anda dapat menggunakan sepeda gratis homestay menawarkan sepanjang hari untuk jalan-jalan. IDR 505

3.  Botanic Garden Homestay

 

Kedutaan Brunei Darussalam Di Jakarta Indonesia:

Embassy of Brunei Darussalam
Wisma GKBI, Suite 1901
Jl. Jend. Sudirman Kav. 28
Jakarta Pusat 10210
Tel (62-21) 57414371469, 57414701472
Fax (62-21) 574-1463
Email kbjindo@cbn.net.id

sumber: http://www.alifmagz.com/brunei-darussalam-negara-kecil-yang-makmur/

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s