Digital forensik


salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang ditemui pada komputer dan media penyimpanan dijital. Tujuan dari komputer forensik adalah untuk menjabarkan keadaan kini dari suatu artefak dijital. Istilah artefak digital bisa mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (seperti flash disk, hard disk, atau CD-ROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah pesan email atau gambar JPEG), atau bahkan sederetan paket yang berpindah dalam jaringan komputer.

Digital forensik merupakan ilmu baru yang akan terus berkembang. Ilmu ini didasari oleh beberapa bidang keilmuan lainnya yang sudah ada. Bahkan, komputer forensik pun dapat dispesifikasi lagi menjadi beberapa bagian, seperti Disk Forensik, System Forensik, Network Forensik, dan Internet Forensik.

Komputer forensik banyak ditempatkan dalam berbagai keperluan, bukan hanya untuk menangani beberapa kasus kriminal yang melibatkan hukum, seperti rekonstruksi perkara insiden keamanan komputer, upaya pemulihan kerusakan sistem, pemecahan masalah yang melibatkan hardware ataupun software, dan dalam memahami sistem atau pun berbagai perangkat digital agar mudah dimengerti.

Ada 5 Langkah dasar dalam digital forensik yaitu :

1. Preparation (Informasi dari penyidik dan saksi)

2. Collection (Mengumpulkan data)

3. Examination (Pemeriksaan)

4. Analysis (Menganalisa dan menarik benang merah dari data-data yang telah dikumpulkan)

5. Reporting(Mengambil keputusan/kesimpulan)

Digital forensik itu bahasa sederhananya menganalisa barang bukti digital, untuk menemukan bukti yang relevan terhadap sebuah kasus dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, yang secara garis besar, digital forensik adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu IT (Information Technology) dalam ilmu komputer, utamanya IT security yang disebut juga sebagai komputer forensik. Menurut Ruby, komputer forensik dan digital forensik memiliki pemahaman yang sama. Namun penggunaan kata digital forensik dirasa lebih mewakili. Adapun yang termasuk barang bukti digital adalah semua perangkat digital yang memiliki media penyimpanan. Mulai dari ponsel, komputer, server, notebook, tablet, hingga flashdisk.

Untuk cara kerja lihat di artikel –>>  detik.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s