Kuliner part 2


1.   D’COST Solo Square

hmm,.  tepatnya di Solo Square Lantai 1 Unit 68-72 Solo
Jl. Slamet Riyadi 451-455, Solo, Jawa Tengah
Phone: (0271) 7651508

hmm,. kalo kesitu biasanya pesen ikan patin bakar, gurame bakar/cumi 3 rasa, nasi dan tentunya es lemon tea (*program d!3t  hhehee sssttt ).

kalo cumi nya “dikit” tp ttep enak,.  🙂

2.   Pujasera malam hari  “GaLaBo” (Gladag Langen Bogan)

GaLABo, psuat kuliner Solo yang buka di malam hari, dari jam 6 malam samapai jam 12 malam. Tepatnya Jl Mayor Sunaryo atau di depan Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC) solo tentunya,.. ^_^. Jenis makanan, minuman dan jajanan yang ditawarkan berbagai macam, anda tinggal pilih sesuai dengan selera anda.

niih daftar menunya,.. jalan-jalan dulu deh sebelum memesan,..
3.  Gudeg Ceker Margoyudan “BU KASNO”

Orang-orang itu, baik yang nongkrong di atas sepeda motor maupun yang di dalam mobil memang tengah menunggu Bu Kasno duduk di belakang dagangannya, Gudeg Ceker Margoyudan yang amat terkenal itu. Meski dagangan sudah tergelar dan tampaknya semuanya sudah siap, jangan harap segera dilayani kalau Bu Kasno belum duduk manis di situ.
Menjadi pertanyaan, mengapa orang-orang itu rela antri menunggu di pinggir jalan, diterpa angina dingin, bahkan kadang-kadang ditemani rinai hujan. Jawabannya adalah untuk menikmati sepiring gudeg dengan pelengkap ceker ayam yang tak hanya dikenal oleh orang Solo, tapi juga orang dari kota-kota lain yang pernah berkunjung ke Solo.
Warung kaki lima yang menggelar dagangan tepat pukul 01.30, saat orang-orang sebenarnya masih dibuai mimpi ini dikenal dengan warung gudeg ceker karena menu spesialnya adalah gudeg dengan pelengkap ceker (kaki ayam). Orang juga biasa menyebut Warung Gudeg Margoyudan karena berdiri di atas trotoar Jalan Wolter Mongonsidi, Margoyudan, tepat di sebelah kanan Gereja Kristen Jawa Margoyudan.
Bu Kasno (64 tahun) pendiri warung sejak tahun 1970 ini sebenarnya tak hanya menyediakan gudeg ceker karena ada juga bubur lemu dan opor ayam kampong. Tapi tetap saja menu andalannya adalah gudeg ceker. Pengorbanan para pelanggan yang antri sejak tengah malam melawan kantuk dan dingin akan segera terbayar begitu sepiring nasi gudeg terhidang di hadapannya. Gudegnya terasa demikian gurih dengan siraman santan kanil (santan yang dimasak kental) dan beberapa potong sambal goring rambak.
Di luar itu, yang pasti ditunggu pelanggan adalah ceker yang dimasak dalam kuah santan. Keistimewaan ceker ini adalah dengan sedikit kunyahan dagingnya seperti langsung terpisah dari tulang-tulangnya. Klunyum-klunyum, begitu orang Jawa menyebut. Maka daging ceker dengan tekstur khas yang gurih itu pun akan memuaskan rasa penasaran orang yang pertama kali datang menikmatinya.
GUDEG CEKER “BU KASNO” MARGOYUDAN
Jl. Wolter Mongonsidi, Margoyudan, Solo.
Jam buka: 01.30 – 03.00.
Kapasitas tempat duduk: krglbh 25 orang.
Kisaran harga: Rp7.000 – Rp10.000 per porsi.
 4.    Serabi Notosuman

Serabi adalah makanan khas dari Kota Solo, Salah satu serabi yang terkenal di Kota Solo adalah Serabi Notosuman, serabi ini memiliki rasa yang khas, legit dan gurihnya srabi yang satu ini seperti tidak ada tandingannya. ada 2 bentuk. bisa di gulung dan yg tidak digulung. Ada rasa original, pisang, dan cokelat. Gak heran, jika banyak turis atau wisatawan yang datang ke Kota Solo mampir ke Serabi Notosuman ini. Sampai jalan yang harusnya dua arah, kini di ubah menjadi satu arah. Dikarenakan banyaknya parkiran mobil yang berada disisi toko – toko Serabi.
5.  Bakso
    Jika berbicara mengenai bakso mungkin Solo se-karesidenannya merupakan “pengekspor” penjual bakso paling banyak di Indonesia. Nah saatnya merasakan bakso-bakso Solo langsung di kota aslinya.
6.   Bestik Jawa , Sumber Bestik “PAK DARMO”
Iklan

One thought on “Kuliner part 2

  1. Ping-balik: Kota Solo ~ The Spirit of Java | Live's in the world

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s