Manfaat Mendongeng


Berikut ini adalah beberapa manfaat lain mendongeng yang ternyata sepadang dengan usaha anda meluangkan satu jam ekstra untuk duduk dan berkonsentrasi dengan si kecil.

 

Memperkenalkan Bentuk Emosi

Setiap cerita tentu punya tokoh-tokoh atau karakternya masing-masing, jadi anda perlu tahu isi cerita sebelumnya sehingga pada saat cerita anda dapat memberikan penekanan pada dialog dan ekspresi. Pada saat alur cerita memasuki konflik anda bisa jelaskan lebih panjang mengenai emosi yang dirasakan tokoh cerita. Mengenal berbagai emosi terutama emosi negatif bisa membantu balita anda yang memiliki masalah agresifitas selain itu bisa mengajarinya untuk berempati kepada teman maupun kepada anda.

Mempererat Ikatan Batin

Mendongeng adalah trik terbaik memberikan waktu yang berkualitas bagi para ayah dan ibu bekerja, dengan kesibukan yang tinggi anda tidak akan punya waktu untuk bermain-main dengannya maka pergunakan kesempatan ini sebaik mungkin sehingga saat-saat mendongeng adalah saat-saat yang ditunggu-tunggu bagi anak.

Memperluas Kosa Kata

Sama seperti anak sekolah semakin banyak baca maka kita akan semakin banyak tahu, bahkan anda bisa memanfaatkannya untuk memperkenalkan kosa kata asing padanya, itu bisa membantunya saat ia masuk sekolah bukan?

Merangsang Daya Imajinasi

Sekali waktu cobalah anda membuat cerita tanpa panduan buku dan biarkan si kecil anda melanjutkan cerita berdasarkan imajinasinya sendiri, anda boleh menanyakan dunia itu juga padanya, bertanyalah sevariatif mungkin sehingga ia semakin terbiasa berimajinasi, semakin berimajinasi semakin kreatif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s