Pentingnya Manajemen Waktu


“Pentingnya Memanajemen Waktu”

Bagi anda yang ingin sukses dalam hidup dan karir, manajemen waktu mutlak diperlukan. Konon, pribadi-pribadi yang sukses adalah mereka yang piawai menyiasati dan mengatur waktunya sedemikian rupa. Dan juga mereka tidak akan melewati waktunya tanpa hal yang berguna. Mau tau kiat manajemen waktu? Ikuti tips yang biasa dilakukan oleh mereka yang sukses.

  • Tetapkan tujuan dan cita-cita hidup anda.

Tanyakan pada diri anda sendiri, ‘Untuk apa saya hidup?’ ‘Apa yang saya inginkan?’,’Apa yang harus saya lakukan?’. Lalu tulis semua jawaban anda dalam sebuah buku. Ingat, tetapkan tujuan dan cita-cita yang realistis dan terukur dalam arti sesuai dengan kemampuan anda. Karena orang-orang yang sukses dan bahagia adalah orang-orang yang mengetahui tujuan hidup dan menyadari kemampuannya.

  • Lakukan perencanaan.

Luangkan waktu anda untuk membuat perencanaan hidup anda. Tetapkan rencana apa saja yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita hidup anda. Buat rencana secara cermat. Misalnya rencana untuk menyusun proposal, mengadakan presentasi, menemui klien, memulai bisnis baru, dll.

  • Tetapkan skala prioritas.

Setelah membuat perencanaan, buatlah daftar hal-hal yang harus anda capai dalam waktu dekat. Seperti apa yang harus anda raih dalam minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya. Misalnya minggu depan anda harus sudah bisa ‘menggolkan’ tender, bulan depan anda sudah menjalankan proyek penting, tahun depan anda sudah bisa menikmati hasil kerja anda, dsb.

  • Batasi rencana anda.

Terlalu banyak rencana juga bukanlah hal yang baik jika anda sadar tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak hanya akan membuat anda stress. Bahkan jika anda gagal mencapainya anda bisa frustasi. Buatlah rencana yang anda yakin dapat menyelesaikannya.

  • Luangkan waktu.

Walau anda sudah memiliki sejumlah rencana yang akan segera anda kerjakan, jangan lupa luangkan waktu anda untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi anda pribadi. Misalnya tidur/beristirahat, melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga dan sahabat, berolahraga, belanja, dan bermain internet. Tetapi jangan sampai kesenangan itu menyita waktu anda sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih penting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s