Apa yang kita tanam itulah yang didapat


kata – kata itu selalu terpendam dalam hatiku. banyak sekali hikmah yang aku dapatkan setelah benar-benar memahami kata – kata itu. banyak sekali pelajaran yang aku dapatkan dari curhatan teman-teman,.

biarpun diluar sana masih banyak yang ‘memanfaatkan’ aku [tapi semoga setelah tulisan ini dimuat, sudah mulai hilang] 🙂  tapi kalau prisnsipku, selagi aku masih bisa mengiyakan mereka [dalam hal positif], ya saya iyakan,.  🙂  but semua kembali pada diri masing-masing,. ada teman yang secara terbuka berbicara padaku begini:

S : aku sebel banged dimanfaatin sama si a,si b.. beteee sumpah!!

A : hmm,. kq bisa gitu?? serius mereka manfaatin kamu?

S : iyaaa!!

A : trus dulu – dulu apa kamu pernah manfaatin oranglain??? bisa jadi, karena dulunya kamu pernah atau suka manfaatin oranglain, sekarang jadi kenaa deehh =.=”

S : *sambil kaget menoleh ke A  —> iya,. dulu aku pernah manfaatin kamu, tapi itu duluu,. sekarang udah enggak,. sekarang aku tau kalau di manfaatin itu gak enak banged  😦   *maaf yaa

A : *sambil tersenyum,. kan aku udah bilang  “apa yang kita tanam, maka itulah yang kita dapat”. sebaik-baiknya perbuatan yang kita berikan pada oranglain, pastinya kedepannya kita juga kan yang akan menuai, yang akan memanen,.. begitu juga dengan keburukan yang kita lakukan kepada oranglain,. pasti kedepannya adaa aja imbasnya.

S : iyaa 😦

entahlaah,. banyaak sekali kejadian-kejadian yang tiap harinya aku saksikan,. aku dengarkan yang semua itu menjadi pelajaran bagi hidupku. semua bermula dari hal – hal yang gak sengaja maupun disengaja 🙂 aku adalah tipe yang senang mendengarkan curhatan mereka [terutama teman-teman dekatku] dari situ aku bisa mengambil hikmah dan kalaupun bisa memberi masukan ya diberi masukan,..  :’D

Tinggalkan Balasan

