OOP (Object Oriented Programming)


OOP  (Object Oriented Programming) adalah paradigma pemrograman yang cukup dominan saat ini, karena mampu memberikan solusi kaidah pemrograman modern. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa pemrograman prosedural sudah tidak layak lagi. OOP juga mempunyai pengertian lain yaitu teknik pemrograman berbasis object, dimana pemrograman dibagi dalam object – object kemudian di dalam object – object  ada property dan method.  Property ini lebih dikenal sebagai variable yang bersifat public dan method ini merupakan function.  Object – object ini bisa diperluas lagi dengan inheritance atau turunan.  Object – object turunan ini biasa dipakai untuk membuat object yang merupakan modifikasi dari object lain.

OOP mempunyai beberapa karakteristik :

Karakteristik (ciri) suatu program termasuk dalam OOP,  apabila terdapat Pembungkusan(Encapsulation), Polymorphisme dan Turunan (Inheritance)

1.  Pembungkusan (Encapsulation)

Pembungkusan (Encapsulaton) merupakan suatu karakteristik OOP dimana program terbungkus menjadi satu. Data (properti/field) dan perilaku (fungsi/method) artinya lebih memperhatikan aspek internal daripada aspek eksternal.

Contoh :  Di dalam sebuah program sering kita jumpai tombil Button Close (Sebagai Data), kemudian kita sisipkan Method System.exit(0) untuk keluar dari sistem Java.

2.  Polymorphisme

Polymorphisme merupakan suatu karakteristik OOP dimana objek yang berbeda dapat memakai method Polymorphisme dengan nama yang sama pada suatu kelas (class)

3.  Turunan(Inheritance)

Turunan Merupakan Suatu Karakteristik OOP dimana suatu kelas (Parent Class/Base Class) yang dapat diturunkan ke kelas yang lain (child class/Derived class), sehingga kelas anak dapat memiliki data atau perilaku kelas orangtuanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s