Mengenal Psikologi (Tes Kepribadian)


Siang ini, saya sempatkan untuk mencoba lagi mencorat – coret blog saya.. Dan kepikiran sharing tentang psikologi untuk mengetahui kepribadian kita seperti apa, kita cocok bekerja di bagian apa dan cara mengembangkannya bagaimana.

Berikut ini ada beberapa web yang menyediakan layanan tes psikologi online secara free :

1. siabangpedia

Saya sendiri sudah mencoba, untuk tes psikologi dengan media yang sudah di sediakan oleh web tersebut. Menurut saya, 89% hasil tes psikologi tersebut menunjukkan apa yang ada didalam diri saya. Dari situ, saya mengetahui bahwa saya termasuk kepribadian “ISTP” dalam MBTI (Myers Briggs Type Indicator). 

summary-tipe-kepribadian-istp

 

Apakah MBTI itu? MBTI merupakan sebuah metode pengukuran berbentuk kuesioner. Dan dari situ saya mengetahui, saya mempunyai potensi untuk bekerja sebagai :

  • Polisi atau Detektif
  • Ahli Forensik
  • Programmer Komputer atau Sistem Analis
  • Insinyur
  • Pemahat
  • Mekanik
  • Pilot, atau Pengendara.
  • Atlet
  • Pengusaha

nb :

  Untuk yang saya “Bold” dengan tinta hitam, artinya saya sudah terjun di bidang tersebut.

  Untuk yang saya “Bold” dengan tinta merah, artinya planning saya kedepan, semoga terwujud.Aamiiin 😀 hehhehe

Sumber : http://www.si-pedia.com/

 

2. ipersonic

Web yang satu ini  dikembangkan oleh psikolog yaitu Felicitas Heyne yang merupakan psikolog terkenal dan penulis buku. Beliau adalah anggota afiliasi internasional American Psychological Association (APA). Kita bisa mencoba test psikologi cukup 5 menit.Ya, disini saya mengetahui bahwa saya ini tipe orang yang mengidamkan hubungan seumur hidup yang stabil dan penuh kepercayaan. “Pernikahan dan keluarga sangat penting bagi mereka. Mereka mengurus pasangan mereka dengan pernuh perhatian dan kasih sayang serta banyak mengalah demi hubungan yang harmonis. Mereka juga teman yang setia dan dapat diandalkan. Namun demikian, mereka dapat sangat terluka jika komitmen mereka terhadap orang lain terlalu lama tidak dihargai”

Dibawah ini contoh hasil test psikolog dari ipersonic :

ipersonic

 

yaa memang terkadang, saya mengabaikan diri saya sendiri demi mereka – mereka yang saya sayangi. Karena saya berpikir, mumpung masih ada waktu, mumpung masih ada kesempatan untuk berkumpul, bercanda bersama saya akan lakukan itu. Karena kita semua dan saya sendiri tidak tau, saya bisa bertahan hidup lama atau tidak.

Sumber : www.ipersonic.net/

 

3.  quicktest 

Test yang menurut saya sudah masuk ke test IQ experd.. atau hanya saya saja yang merasa begitu? entahlah…

silahkan dicoba 😀 😀

Sumber : www.quickiqtest.net/indonesian/

 

4. psychcentral

Test Dr. Phill ==>

Dr. Phil mencatat angka 55, dia melakukan tes ini pada Oprah dan Oprah mendapat angka 38.

Sumber : http://www.isdaryanto.com/test-dr-phil

 

One thought on “Mengenal Psikologi (Tes Kepribadian)

Tinggalkan Balasan

