Kuliner Part 19


Double Decker  Alamat  : Favehotel (Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru), Sukoharjo, Jawa Tengah 57155.  [Depan The Park Solo Baru] Twitter : @DoubleDeckerUs Facebook : https://www.facebook.com/doubledecker.us Instagram : doubledeckerus   Bagi saya, ini tempat pertama kali yang unik yang ada di kota Solo. Dari kabar yang beredar, … Baca lebih lanjut

Kota Solo ~ The Spirit of Java


Banyak hal – hal yang mengesankan, yang aku alamin di Kota Solo. Karena memang sejak dari kecil aku sudah lahir dan besar di Kota Solo. Beraneka ragam makanan, budaya dan tradisi masih terus dijaga dan dilestarikan. Seperti makanan khas dari solo yaitu Serabi Notosuman, intip goreng, pecel, dan yang terkenal yaitu selat solo, Gudeg Ceker Margoyudan ‘Bu Kasno’, Bebek Pak Slamet, Gule Kepala Ikan, wedangan pak wir dan masih banyak lagi.

Di Solo memang terkenal memiliki banyak tujuan kuliner mulai dari makanan tradisional atau makanan khas Solo hingga makanan manca negara pun ada, diantaranya telah disediakan Pujasera malam hari  “GaLaBo” (Gladag Langen Bogan). Tempat ini hanya ada pada malam hari, letaknya di depan PGS (Pusat Grosir Solo) dan BTC.

Jika kita mengunjungi kota Solo, tidak heran, banyak sekali orang – orang yang bejualan makanan mulai dari makanan tradisional hingga mancanegara. PING!!! CAFE SOLO salah satu tempat yang nyaman, dan harganya bersahabat. Cafe ini menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman khas Cafe.

Cafe ini salah satu tempat favoritku.

Selain ada cafe sebagai tempat favoritku, ada juga makanan favorit juga yaitu star steak. Rasa steaknya lain daripada yang lain. Nah, di Kota Solo, juga ada wedangan favoritku yaitu di wedangan Pak Wiryo. Karena disana ada makanan yaitu ‘vegetarian’. Rasanya kenyal seperti sate, tapi ‘vegetarian’ ini bukan daging.

Nah, selain Kota Solo kaya akan kulinernya, kota Solo juga kaya akan budayanya yang selalu dilestarikan serta banyaknya Event – event yang diselenggarakan di Kota Solo ini, membuat para pengunjung selalu ingin lagi dan lagi balik ke kota ini. Semakin bertambahnya tahun, semakin maju dan berkembang pula kota Solo. Terlihat mulai bertambahnya mall baru ‘The Park Solo’ dan Event – Event yang diadakan seperti ‘Solo Batik Carnival’ atau biasa orang – orang kenal dengan SBC, event yang bisa merambah dunia mancanegara. Untuk melihat lebih jelas dan akurat, tentang agenda atau kegiatan apa saja yang akan di adakan bisa dilihat di timeline Twitter-nya Agenda Kota Solo.

Banyak hal yang aku rindukan, ketika aku berada di luar Kota Solo. Dan membuatku selalu ingin kembali ke kota Solo.

Tema : Kesan tentang Kota Solo

Kuliner Part 18


1. Cafe Tiga Tjeret

Alamat : Jl Ronggowarsito 97, Ngarsopuro, Solo

Twitter : @CafeTigaTjeret
Wedangan Cafe Tiga Tjeret buka pukul 10.00 hingga 01.00 WIB setiap harinya dan dibagi menjadi dua sesi berbeda dengan menu yang berbeda pula. Untuk pukul 10.00 hingga 16.00 WIB menu makanan khusus kremes, seperti ayam, lele, kakap kremes, serta menu lain seperti pecel madiun dan nasi timbel. Sedangkan, menu khas wedangan baru ada setelahnya.
Makanan yang disediakan disini, ketika memilih, kita bisa minta pada mas/mbak nya untuk dibakar lagi.
Kebagian tempat duduk di atas neeh,.. rame teruus hloo  😀 😀 😀
2. Wedangan Solo Asri
Alamat : Jl. Diponegoro No. 9 (Triwindu – Ngarsopuro) Solo. Belakang Toko Elektronik Semeru
Telp :  (0271) 7999878
Bingung mau Wiskul. kemana lagi, akhirnya pas jalan – jalan gak sengaja lihat tempat ini, memang agak masuk, jadi agak gak kelihatan, tapi setelah masuk,.. ternyata tempatnya luas dan bersih serta  Pencahayaan yang terang. Gak heran disini juga gak kalah ramai.
Para pengunjung bisa memilih sendiri makanan dan langsung membayar ditempat.
Cemilan malam,…  >.<“

Kuliner Part 17


1. PING!!! CAFE SOLO
Alamat : Jl. Teuku Umar No. 27 Surakarta
Twitter : @PINGCafeSolo

Setelah sekian lama gak wiskul. gegara teringat kewajiban sebagai seorang mahasiswi —> Menyelesaikan SKRIPSWEET  😀 😀 😀

Akhirnya setelah kewajiban terselesaikan, langsung capcuuz berburu kuliner baru  😀 😀

Kali ini, cobain Cafe di solo  —> PING!!! Cafe Solo. Cafe ini sangat bersih dan rapi. Untuk penataan ruangannya pun begitu terkonsep dan berbeda dengan cafe – cafe yang ada di solo, sehingga jika kita datang kesini akan merasa betah dan rilex. Ping!!! Cafe ini juga memberikan fasilitas WiFi secara gratis, sehingga kita dapat berinternetan sambil menunggu pesanan yang datang.

Suasana seperti berada di pinggir pantai

Suasana yang berbeda

Spaghetti ala PING!!! Cafe Solo

Pelayan disini sangat ramah-ramah, selain itu juga sangat friendly. Dan juga para pelayan disini cepat tanggap dengan pesanan yang dipesan. Sehingga para pelanggan yang datang disini tidak terlalu lama menunggu menu pesanannya.

Penampakan PING!!! Rainbow & PING!!! Choco. & Teriyaki, katsu,Rice  & FrenchFries

2. Panties Pizza

Alamat : Jl. Kebangkitan Nasional No. 63, Penumping, sebelum zona steak. Depan Dapoer Bistik (Dekat dengan Rest Area).

Twitter : @PantiesPizza

Menu makanan yang disediakan di sini adalah pizza. Panties Pizza ini, selalu ramai dikunjungi para kalangan mahasiswa, karena pas di kantong. ^_^

Bisa dibawa pulang juga hlo,..  ^_^

PP1

3.   ‘Hachi’  HARTONO MALL

Kali ini, aku dan keluarga jalan – jalan ke Mall Baru dekat rumah,..  😀 Mumpung Free  😀 😀 😀
Awalnya aku kira, masih sepi plus FoodCourtnya juga masih sedikit, gak tau-nya disini FoodCourtnya udah penuh alias sudah ada berbagai macam makanan yang bisa aku temui dan gak kalah banyak dengan SGM (SOlo Grand Mall) hloo!!  ^_^

Untuk tempat duduk yang disediakan juga gak kalah luas dengan Mall – Mall yang lainnya, disini kita bisa memilih sesuka hati kita,..  😀 😀 😀 Apalagi dimusim liburan. Jadi, kalau di SGM rame, Mendingan ke sini aja,…  😀 😀 plus disini juga ada makanan katsu – katsu gitu,.. Ada juga makanan – makanan lainnya. Untuk Harga juga realtif.

Kuliner Part 16


1.  Oishi Bar

Alamat : Jl.Veteran No.276, 200m Timur Hotel indah palace,  solo

Telepon :  0271-716612

Open daily 10am – 10pm

Twitter : @oishiibar_solo

Setelah capek jalan – jalan,. akhirnya aku dan adeg cari sarapan pagi,. bingung juga jam segini males banged kalo mau pergi yang jaooh – jaoh,. dan kita juga lagi pingin nyobain sarapan ala jepang gitu,. terbesitlah ide untuk mampir ke “osihi bar”  😀 😀 😀

kalau ditanya kepagian,. yees,. that’s right,.  😀  gpp-laah,. meski dipinggir jalan, tp disini tempatnya agak gak kelihatan soalnya di pepet sama bangunan – bangunan disebelahnya,..

langsuung deh aku dan adegku masuk trus nyariin meja nomor “7”  ……………………….. setelah 3 menit lamanya,. gak nemu2,. akhirnya pilih tempat duduk deket kasir,. =.=” sambil bertanya2 “ini meja nomor 7-nya manaaa cobaa??? >.<

 

trus kita cepet – cepet deh tu pesen menu,. kita pesen chicken katsu don,  spicy ramen with chicken, cruncyspicytunaroll, strawberry juice plus milk shake mango… tidak terlalu lama lagi,. akhirnya pesenan semua sudah sampai dimeja dengan selamat,.  😀

untuk price-nya disana minuman : 4.5k – 14.5,… makanannya : 8.5k – 42k

 

2. Ayam Penyet Suroboyo

Alamat : Jl. Honggowongso, Pasar Kembang, solo ( Kompleks ruko Honggowongso Square Blok A5 )

Telepon : (0271) 2250025

 

Solo bagi saya sekarang adalah kota wiskul (wisata kuliner),.  nah,. kali ini aku bakalan update tentang ayam penyet suroboyo,. letaknya disampingnya pasar kembang,solo,.  kata orang – orang, disini ayamnya “maknyus” akhirnya aku pun mencoba kulin disini,.  😀

langsung aja aku pingin membuktikan apaa iyaa,. benar – benar maknyus,. daan ternyataaa,…..  (lihat sendiri deh)  😀 😀 😀 menurutku ayam lokal-nya lumayan,. kalo ayam kampung-nya pas!! mantap deeh,. 😀 😀

 

3. Pavilium Ibu

Alamat :

Telepon :

 

Di tempat makan ini,. biasanya digunakan untuk arisan,. acara keluarga,. dll.  nah, pas kesini, ada acara arisan-nya mamah – mamahnya tk primagama solo (jadi ceritanya ak nemenin adegku gitu)  😀 lumayanlaah,. jadi tau tempat- tempat baru yang nyaman 😀  😀 😀

trus yang dapet “gawe” kebetulan adalah mamahnya adeg (sepupu) mau gak mau,. jadi “among tamu”  hahhahaaa okeelaah,..  😀 😀

jadi disitu kita bisa pesen menu – menu sesuai dengan keinginan kita,. kalau gak sesuai dengan keinginan kita,. pasti komplain-nan kita langsung ditanggepin dengan pemiliknya sendiri looohh  😀 😀 😀

 

kalau yang dibawah ini,. aku dan keluarga kesini sendiri,.  😀 itu pesen ayam sama steak lidah,..   ^_^

Kuliner Part 15


1.  Kali Milk

Alamat : Jalan Dr. Radjiman No. 353, Solo (kalau arah dari makro/lottemart lurus terus sampai ada tugu baron belok kiri,. (Depan Kantor Kecamatan Laweyan))

Twitter : @Kalimilk

Setelah kafe – kafe susu yang pernah saya kunjungi, kali milk ini adalah pendatang baru dari jogja,.  😀 😀 alhasil, saya tergoda untuk mampir,. karena jarak rumah dengan kali milk  lumayan dekat,. Kalimilk sendiri merupakan tempat makan yang mempunyai konsep café, tentunya ini sangat menyenangkan untuk tempat berkumpul bersama teman ataupun bersama keluarga. Menu modern dengan  susu sebagai menu utamanya memang menjadikan tempat ini menarik, dan menjadi tempat istimewa bagi pecinta susu khususnya. Untuk menemani susu segar yang kita pilih, kita bisa memilih berbagai makanan sebagai pendamping yang sesuai seperti  roti bakar, risoles, pasta dan masih banyak lainnya.

hmmm,.  akhirnya setelah sampai di kali milk, dan melihat macam – macam susu yang bervariasi di menu-nya saya putuskan untuk memilih “kalimilk durian”. Untuk snacknya saya putuskan untuk memilih resol mayo,. yang isinya keju,. 😀 😀

*Harga susu kalimilk (medium) 8k,. kalimilk(gajah) 16k,.. makanannya : 2.5k – 21k

2.  Vin’s Pancake

Alamat : Jalan Pattimura no.65 Dawung , Solo Baru

Lama juga gak menikmati makanan satu ini,. pancake ice cream,. huum,.. nyuummy,.. 😀 😀 siang – siang bolong yang sangat panas kali ini, saya dan adik saya pergi mencari tempat ini,. gak tau-nya juga deket banget dengan rumah,. 😀 😀 well,. capcuz langsung masuk ke dalem,. mmm,.gak tau-nya ini seperti toko roti,yaah,.  saya kira seperti kafe – kafe gitu,. hhehhee >.<” ok no problem,. kita langsung  lihat menu yang disediakan,.

akhirnya kita pesen 2 pancake, adik saya pesan choco ice pancake

dan saya tentunya pesan strawberry ice pancake,.  ^_^ 😀 😀 soal rasa,. mmm lumayan,. 😀 😀 dan mengenyangkan.

3. Degan Ijo

Untuk pemesanan bisa hubungi : (0271) 8000035

Rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 2012 lalu,. yang tiap kali lewat cuma lewat aja, sekarang memberanikan diri untuk mampir kesitu dengan tante saya,. 😀 😀

Lumayan rame juga tempat makan ini,. menu-nya pun cukubh lengkap,. apalagi ada berbagai pilihan sambal yang disediakan,. 😀 😀 pokoknya menu disini sangat bervariasi.

nah, dibawah ini masih beberapa makanan yang dihidangkan di meja,. dan yang spesial enggak ke foto =.=” yaitu ayam panggang-nya itu nyuus sekali 😀 😀 jadi bumbunya meresap sampai ke dalam dagingnya,.

Kuliner Part 14


1.  Mang Engking

Alamat :  Desa Jamur, Sendang Rejo, Minggir, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Telp :  (0274) 7489732

Gubug makan ini punya trademark sendiri. Bangunan dan alunan lagu / suara yang ada di Gubug makan ini khas sekali. alunannya dan suasana yang dekat dengan sawah pun juga pas  😀 😀 tempatnya nyamaan dan kita bisa pilih : lesehan atau duduk di kursi. but kali ini saya dan keluarga pilih lesehan. cz bisa parkirin perahu dayung tepat di gubug tempat kita makan.  ^_^

Tentunya makanannya pun gak kalaaaahh yuumyy!! disini masakan yang paling saya suka kepiting,.. gurami bakar dan es jeruk. hahahhaaaa,.. habisnyaa enaak bangeet,. gituu,. truus di sini menyediakan fasilitas becak mini, sepeda, terapi ikan, mushola, toilet, mm trus ada juga perahu.  😀 pokoknyaaa assiikkkk!!! ^_^

Wujudnya udang bakar madu. hhhuumm. nyuumyy!!  😀 😀

naik perahu dayung 😀 😀

d5

Becak mini  😀

kalo yang enggak lesehan,. .juga adaa 😀

2.  Gudeg Muntilan Mbok Jayus

Alamat : Jl. Dr Wahidin No 53, Solo, Indonesia (tepatnya didepan SD-SMP Ta’mirul Islam Surakarta)

Setelah lama gak kuliner,.  akhirnya nemu tempat baru dan dekat dengan rumah,.  😀 😀 awalnya aku kira mahal,… dan rasanya biasa,. tapii,gak tau-nya rasanyaa yummy!!!  😀  *recommended buat gudegnyaa,. plus nasi gorengnya juga,.  harga paketnya gudeg kisaran 8000 – 25000.  eeeitsss!! jangan mikir kalau porsinya sedikiit hloo,….  😀

bagi saya, porsinya melebihi porsi saya yang seharusnya saya makan,..  heehehee >.<“

kalo yang gak paket :

minumannya rata – rata 3000 – 8000. mengenyaangkan  😀 😀 😀  selain gudeg, juga ada mie jogja pak karso juga tersedia di sini, 1 porsi rata – rata harganya 15000.

3.  Pasar ikan & Resto Balekambang

Alamat : Jl. Balekambang No. 7 Manahan, Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Telepon : (0271) 732480

Email : Balekambangresto@gmail.com

Pasar Ikan Buka 02.00 WIB – 09.00 WIB
Resto Buka 11.00 WIB – 22.00 WIB

Rute selanjutnya setelah kuliner ke gudeg mbok jayus,. punya ide resto baru yang kerja sama dengan pemerintah surakarta,.

Walikota Surakarta Ir. H Joko Widodo beserta wakil walikota surakarta FX. Rudi Hadiyatmo beserta jajaran muspida menghadiri soft opening dan secara langsung meresmikan Balekambang Pasar Ikan dan Resto.

Pasar ikan dengan 2 lantai tersebut, dilantai 1 digunakan sebagai pasar ikan sedangkan dilantai 2 sebagai Resto.

Kalau mau dibawah, didekat parkiran,. pilih saja di tempat makan perahu,. tempatnya lebih menarik,. 😀 ada kerangnya juga plus sudah disediakan lilin,. tisue,. dll.

di lantai 2 juga ada ruangan VIP room dan 1 ruangan untuk ruang meeting,. lalu fasiitas yang disediakan di pasar ikan & resto ini ada : free hotspot, parkir yang luas, mushola, garden area, ruang meeting, VIP, edukasi, rekreasi produk perikanan dll.

suasana lantai 2 yang diberi beberapa gambar ikan disetiap sudutnya,..  🙂

Balekambang Pasar Ikan dan resto ini menyediakan bermacam-macam jenis ikan konsumsi baik ikan laut maupun ikan tawar di antaranya adalah  Kakap Merah, Bawal Hitam, Bawal Putih, Kerapu, Ikan Udul, Ikan Kojok, Cumi-cumi, Bentol, Kurisi, Ikan Celeng, Pari, Selarlomo, utik, Ikan Ayam-ayam, Ikan Sebelah, Ikan ekor Kuning, Bandeng, Suwangi, Hiu, Blekutak, Ikan Manyung, Ikan Patikoli , Lobster dan Tenggiri dan masih banyak jenis yang lain.

banyak sekali menu ikan disiniiiii,.  mungkin hampir semua ikan yang bisa dimakan ada disini kali yaaa,.?? hehehe

jadi banyak juga yang pingin aku cobaaaaa  >.<“

nb: “celeng” itu maksudnya bukan be-a-be-i hloo yaa,. tapi ikan celeng,.  hhahhaa

gimana rasa masakannya disanaa?? ouuww,. jangaan ditanyaa,. langsung saja datang ke balekambang, surakarta. Dijamin, ketagihaan!!  😀  😀 😀  yang aku suka, yaitu kita bisa memilih sendiri dan melihat sendiri ikan yang akan kita makan nanti seperti apa. dan tempatnya pun juga lumayan nyamaan sebagai pemula,. 😀 😀 but recommended  (y) (y)